Tuesday 14 July 2009

ELVY SUKAESIH


BIODATA

Nama : Elvy Sukaesih

Lahir : Jakarta, 25 Juni 1951

Suami : Zaidun Zeth

Anak : Haedar, Fitri, Ali Zaenal Abidin, Syechans, Wirdha Sylvina, dan Dhawiya

Ayah : Mohammad Ali

Ibu : Rohayah Asiah

Pendidikan :

* SD
* SMP Srikandi, Jakarta (1964)

Pekerjaan :

* Penyanyi dangdut
* Pemain film

Organisasi : Ketua Ikatan Artis Dangdut Indonesia (IKARDI)

Film :

* Karena Penasaran
* Tuyul
* Irama Cinta
* Senggol-Senggolan
* Cubit-Cubitan
* Mana Tahan

Kegiatan Lain : Direktur PT Mahkota Jaya Utama (1982 s/d sekarang)

Alamat Rumah : Jalan Usaha 18, Cawang, Jakarta Timur

Alamat Kantor : PT Mahkota Jaya Utama Jalan Usaha 18, Jakarta Timur, Telp : 021-801214


BIOGRAFI

Elvy Sukaesih lahir tanggal 25 Juni 1951 di Jakarta, adalah salah satu penyanyi dangdut Indonesia yang legendaris dan dijuluki sebagai "Ratu Dangdut". Ia mulai menyanyi sejak di bangku kelas 3 SD. Elvy menikah pada usia muda dengan pemuda keturunan Arab, Zaidun Zeth.

Pada awal tahun 1970-an, Elvy menjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama pada Orkes Melayu (OM) Soneta. Setelah itu pada tahun 1975, Elvy mulai bersolo karir dan tetap eksis pada musik dangdut hingga sekarang. Sampai sekarang Elvy adalah salah satu penyanyi dangdut dengan kualitas suara terbaik.

Untuk bisa ikut kenduri, Elvy berjanji kepada ayahnya, Muhamad Ali seorang pemain orkes gambus untuk bersedia menyanyi. Elvi yang saat itu masih berusia 13 tahun berhasil menghibur para undangan

Sepanjang tahun 70-an dan 80-an, Elvy mendapat julukan ratu dangdut. Nama top-nya Elvi Sukaesih. Sepanjang kariernya, Elvi pernah didukung oleh banyak grup Orkes Melayu (OM), seperti OM Pancaran Muda, OM Sahara, OM Omega, El Sitara, OM Purnama, OM Soneta, dan OM Purnama. Sebenarnya, Elvi bisa menyanyi pop, gambus, rock, atau lainnya. Tidak hanya menyanyi, Elvy juga bermain dalam film-film yang tidak lepas dari dangdut. Film yang berjudul Karena Penasaran, Tuyul, Irama Cinta, Senggol-Senggolan, Cubit-Cubitan, Mana Tahan adalah sebagian di antaranya.

Sebagian penghasilan dimanfaatkan Elvy untuk mendirikan PT Mahkota Jaya Utama, yang dikelola oleh suaminya. Usaha ini bergerak dalam bidang pemanduan bakat dan mempromosikan penyanyi-penyanyi baru.

No comments:

Post a Comment

Template Design by Free template